Cara Membuat Pizza (+Pinggiran Ragam Isian)

Cara membuat pizza barangkali bikin kamu penasaran, bener nggak sih bisa dibuat sendiri secara sederhana di rumah? Bisa nggak tanpa oven, nggak punya oven nih.

Emang bisa bikin pizza rumahan kualitas gak murahan? Minimal kaya di pizza hut gitu deh. Nah, seluruh pertanyaan kamu tentang resep pizza akan kami ulas disini.

Pizza awalnya merupakan masakan asli Italia, namun beragam pizza yang berseliweran di sekitar kita mayoritas american pizza, baru tau?

Apa Bedanya?

Emang apa sih bedanya italian pizza dengan american pizza? Nah, berikut ini kami sajikan beberapa perbedaan pizza asli italia dan pizza yang berkembang di amerika.

  Pizza Italia Pizza Amerika
Crust (adonan piringan atau alas pizza) Sangat tipis, kadang seperti kraker Bervariasi, dari tipis hingga tebal
Saus Minyak wijen, bubur tomat segar, bawang putih, oregano Berbau tajam, dimasak dengan api kecil selama beberapa jam
Daging 1 jenis daging dalam 1 pizza Beragam campauran daging dalam 1 pizza
Topping 1 jenis topping pada 1 pizza, atau tanpa topping sama sekali Banyak variasi topping, bahkan dalam 1 pizza terdapat beragam variasi topping

Bagaimana? Sudah tau sekarang bedanya? Kira-kira, kamu bakal lebih suka pizza ala mana? Italia atau amerika?

Nah, pilih sendiri style pizza kamu dan ciptakan sendiri dengan mengikuti cara membuat pizza di bawah ini.

Pizza Sederhana Tanpa Oven

Nah, ayo buktikan sendiri, bisa nggak sih kamu masak pizza tanpa oven? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya.

Bahan dan alat:

  • Tepung terigu (500 gram), protein sedang
  • Fermipan (5 gram)
  • Gula pasir (2 sendok makan)
  • Minyak (3 sendok makan)
  • Mentega (1 sendok makan)
  • Air (250 ml)
  • Wadah
  • Penggilas atau kayu penggiling adonan

Bahan topping:

  • Keju mozarella
  • Saus tomat
  • Bawang bombay, iris tipis
  • Campuran tambahan (bakso, sosis, abon, suwiran ayam, ikan tuna, daging asap, kornet, dll)

Cara membuat pizza tanpa oven:

  1. Campurkan terigu, fermipan, gula, dan minyak, aduk hingga tercampur sempurna
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, sambil perlahan terus diaduk dan diuleni hingga adonan kalis
  3. Tutup wadah tempat adonan dengan kain, biarkan elastis dan mengembang sebentar
  4. Siapkan topping: tumis bawang bombay dan seluruh bahan topping (kecuali mozarella), campurkan saus sesuai selera. Angkat dan sisihkan
  5. Gilas atau giling adonan dengan tingkat ketebalan sesuai selera kamu, jika ingin lebih krispi, kamu bisa menggiling adonan menjadi tipis
  6. Panaskan wajan dan lelehkan mentega
  7. Letakkan adonan pizza hasil giling di atas wajan, taburkan merata potongan keju mozarella
  8. Tutup wajan biarkan keju mozarella meleleh sempurna
  9. Jika keju telah meleleh, taburkan topping tumis di atas pizza
  10. Angkat dan sajikan untuk akhir pekan yang penuh keceriaan bersama keluarga

Gampang banget nggak sih!

Cara Membuat Resep Pizza Hut

Satu yang bikin ikan pizza hut bisa sangat menggiurkan adalah bagian pinggiran pizza yang mengembung dan berisi beragam macam isian.

Kamu juga dapat membuat pizza dengan macam macam pinggiran seperti produk pizza hut.

Bahan dan cara buatnya sama, hanya saja, jangan giling seluruh adonan. Sisakan adonan untuk membuat pinggiran isi.

Bentuk adonan yang tidak digulung untuk membalu keju mozarella, daging cincang, sosis, atau beragam isilan lainnya yang kamu inginkan.

Kemudian tempelkan merata pda seluruh bagian pinggir adonan yang telah digiling tipis menyerupai lingkaran piring.

Agar matang sempurna sebenarnya cara paling cocok untuk memanggang pizza ini adlaah menggunakan oven dengan suhu tinggi, sehingga isian pinggiran pizza dapat matang sempurna.

Kalau mau coba citarasa yang ‘gila’ coba lengkapi pizza kamu dengan ragam rendang pilihan, baca resep rendang daging, ayam, kambing, jengkol dan telur ulasan kami.

Kamu juga bisa membuat ragam jajanan kue mudah di rumah, baca resep kue nastar dan puluhan ide hiasan menawan kue ulang tahun untuk orang tersayang.

Selamat makan pizza!

Leave a Comment

Scroll back to top