17 Cara Mengecilkan Bokong Agar Pas (Di Rumah Aja)

Cara mengecilkan bokong bisa jadi solusi buat kamu yang selama ini merasa risih karena pantat kamu tetap besar meskipun cara mengecilkan perut dan cara mengecilkan pinggang berhasil.

Risih kenapa? Karena jadi susah mencari pakaian yang pas dan bokong yang terlalu besar bisa jadi sama sekali tidak enak dipandang.

Bagian pantat merupakan salah satu tempat penyimpanan lemak setelah perut, oleh karena itu, solusi utama mengecilkan bokong tentu dengan cara menghilangkan lemak.

Sebab Pantat Besar

Cara mengecilkan bokong dalam artikel ini berhubungan dengan cara mengecilkan pinggul karena kedua bagian tubuh tersebut membesar karena sebab yang hampir sama.

Makan Cepat

Kenapa makan terlalu cepat berpengaruh pada timbunan lemak di bagian bokong? Karena kita merasa kenyang 15-20 menit setelah perut benar-benar penuh.

Itulah saktinya petuah:

Makan saat lapar, berhenti sebelum kenyang

Oleh karena itu, kunyah makananmu dengan benar dan perlahan, telan setelah halus sempurna.

Menu Fast Food

Makanan cepat saji selalu memberikan dampak yang buruk, terutama berkaitan dengan kandungan lemak jahat yang berlebihan.

Banyaknya timbunan lemak dapat mempengaruhi kinerja hormon yang berhubungan dengan semakin banyaknya jumlah lemak pada bagian pantat.

Hormon

Hormon yang dimaksud adalah hormon estrogen yang dapat meningkatkan kenaikan berat badan, tumpukan lemak, dan timbunan cairan dalam tubuh.

Stres

Kadar kortisol yang meningkat saat kamu sedang stres sangat mempengaruhi hormon lainnya yang mengatur ‘sensor’ lapar dalam tubuh.

Artinya: kamu bisa makin banyak makan camilan bukan karena kamu lapar, tapi sekedar untuk ‘menenangkan diri’,

Duduk Lama

Buat kamu yang memang bekerja dalam keadaan duduk lama, biasakan untuk melakukan gerakan peregangan ringan setiap 1-2 jam.

Keadaan duduk dalam waktu lama menyebabkan perluasan sel-sel lemak, sehingga produksi lemak meningkat setengah kali lipat. Jadilah ukuran bokong kamu meningkat lebih besar.

Malas

Jangan terlalu sering malas-malasan duduk di sofa atau menonton televisi dalam waktu yang lama. Jika hanya kegiatan itu itu saja yang kamu lakukan di akhir pekan, sudah pasti bokong kamu besar.

Mengapa? Karena tidak ada proses pembakaran lemak dan kalori yang dilakukan tubuh kamu di akhir pekan.

Jadi, gimana dong caranya biar pantat nggak tambah besar? Nah, beberapa cara mengecilkan bokong di bawah ini bisa kamu lakukan.

Mengatur Diet

Ubah diet kamu menjadi beragam bahan makanan yang segar dan sehat. Berikut ini contoh singkat menu yang harus kamu makan:

  • Buah-buahan: buah berry-berry-an, dan anggur
  • Sayuran: bayam dan kacang hijau
  • Daging tanpa lemak: ayam
  • Daging dengan lemak sehat: salmon dan tuna
  • Lemak sehat: minyak zaitun, kacang almond

Kamu dapat membaca artikel lengkapnya dalam beragam pilihan 23+ diet sehat. Temukan dengan cara mengetikkan ‘diet sehat’ pada kolom search di sebelah kanan atas web ini.

Konsultasikan pula dengan ahli gizi dan nutritionist yang memahami tentang diet tepat untuk karakteristik badan kamu.

Olahraga Fisik

Olahraga gerak fisik yang paling tepat untuk mengecilkan bokong adalah [1] berlari dan [2] bersepeda.

Kamu dapat berlari dengan kecepatan tinggi di atas treadmill cukup selama 30 detik, istirahat, lalu ulangi kembali dengan waktu yang sama.

Minimal selama 10 menit, artinya kamu hanya lari cepat selama 5 menit, mudah bukan? Jika tidak ada treadmill, cukup lakukan di ruang terbuka.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan sprint dengan bersepeda. Pindahkan gigi atau gir sepeda pada posisi tinggi dan mulailah sprint selama 20 detik.

Kamu dapat beristirahat selama 10 detik untuk kemudian melanjutkan kembali set yang sama hingga tercapai sikuls sekali latihan selama 4 menit.

Kamu juga dapat menambah porsi [3] berjalan kaki kamu untuk menunjang hilangnya lemak pada bagian bokong.

Olahraga Matras

Kamu juga perlu melakukan olahraga di atas lantai atau matras dengan gerakan tertentu yang dapat menghilangkan lemak pada daerah bokong, diantaranya:

  1. Squat: lakukan sebanyak 5 kali.
  2. Burpees: lakukan sebanyak 3 set, ulangi sebanyak 12 kali
  3. Lunges: 10 kali untuk tiap kaki
  4. Plies
  5. Squat jump
  6. Lompat tali
  7. Sit up
  8. Pose jembatan (bidges pose)
  9. Gerakan menendang (step up): sebanyak mungkin gerakan dalam 30 detik, istirahat 30 detik, ulangi hingga 5 menit.

Bagaimana? Kamu punya cara mengecilkan bokong yang lebih efektif? Jangan segan untuk berdiskusi dengan kami pada kolom komentar ya.

Baca juga cara mengecilkan pinggul sebagai pelengkap dalam memperindah ukuran tubuh kamu agar mencapai bentuk yang ideal.

1 thought on “17 Cara Mengecilkan Bokong Agar Pas (Di Rumah Aja)”

Leave a Comment

Scroll back to top