15+ Menu Makan Siang Epic dari Berbagai Negara (Kamu Pilih Mana)

Menu makan siang mungkin tidak terlalu diperhatikan bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Warung makan dan restoran menjamur di kanan kiri depan belakang, tinggal pilih atau GoFood siap antar pesanan.

Beberapa tahun terakhir juga mulai berkembang tren katering sehat yang menyediakan meal plan selama seminggu yang dapat dipesan dan diantar tepat waktu, bahkan salah satunya sudah jadi startup.

Kalau di luar negeri, kaya apa sih makan siangnya? Menu makanannya menarik nggak sih?

Indonesia

Banyak menu makan siang di Indonesia, banyak pilihan, mulai dari ragam resto full service ala resto fast food modern, menu KFC misalnya.

Ada pula menu prasmanan di rumah makan padang dan warung Tegal. Oh iya, kalau kamu butuh ide makanan pagi, baca deh ulasan kami di artikel menu sarapan pagi dari berbagai benua.

Bahkan ada pula ragam pilihan delivery yang murah macam GoFood dan GrabFood, plus berbagai servis katering dengan menu yang bervariasi berbeda setiap hari.

Mungkin yang agak bikin kamu bingung menu bekal makan siang buat anak, kami juga ada kok ulasan lengkapnya, baca selengkapnya di artikel menu bekal sekolah ya.

Australia

Aussie adalah negara yang sangat sibuk, mayoritas hanya mendapat waktu istirahat 30 menit. Kebanyakan juga lebih memilih untuk makan sambil bekerja.

Oleh karena itu, menu makan siangnya berupa menu cepat saji atau menu yang sangat simpel, misalnya

  • Burger,
  • Sandwich,
  • Flatbread wraps
  • Sausage roll.

Gambar yang kami tampilkan di atas adalah sausage roll.

India

Nah, kalau masih di asia mah nggak akan jauh beda dengan Indonesia, ciri khasnya:

Menu makan berat dengan ragam jenis beras yang dimasak menjadi nasi, plus lauk dan bumbu masak kaya rempah yang melimpah ruah di asia.

Lebih dari itu, bumbu yang paling khas dan populer di India tentu saja bumbu kare, biasanya dijadikan campuran bersama kentang. Lauk lainnya adalah chapati (semacam flatbread yang unikny aakan menggembung saat dipanggang).

Satu lagi menu khas India adalah moong dal, semacam kacang polong berwarna kuning kehijauan yang dibuat menjadi semacam bubur kental berwarna kuning. Ada pula sajian ayam dan minuman teh.

China dan Taiwan

yelp.com

Di negeri tirai bambu ini ada semacam bento atau nasi kotak yang sangat populer dijadikan menu makan siang, istilahnya biandang – chinese bento box.

Ada juga layanan semacam GoFood dan GrabFood lho, namanya zizhu canting yang langsung dikirim oleh restoran yang bersangkutan dan biaya dihitung juga berdasarkan berat menu.

Biandang biasanya berisi nasi putih, daging, telur, acar, dan ragam sayuran kukus lainnya. Ada juga tiga macam pangsit, dan dried bean curd semacam ampas bijian kacang yang dikeringkan.

Jepang

Tidak jauh beda dengan menu makan siang di China, di Jepang juga bento menjadi oilihan utama dan pertama buat para karyawan pada umumnya.

Bedanya tentu isinya, di Jepang yang paling populer sebagai menu makan siang adalah nasi, ikan, daging (umumnya dalam bentuk sashimi dan ayam teriyaki).

Selain itu, tentu saja ada acar dan ragam sayuran masak semisal brokoli, edamame, dan wortel.

Korea

wikimedia.org

Kalau di China ada biandang, di Jepang ada bento, di Korea ada dosirak. Semacan kotak bekal yang lazimnya berisi nasi dan tentu saja kimchi.

Lebih dari itu, ada juga saus pedas yang khas dinamakan Gochujang, campuran antara cabe merah dan ragam bumbu pilihan.

Turki

Di negara ini menu yang cukup menarik adalah roti tipis (flabread) semaca pizza khas timur tengah. Tentu isinya bukan daging babi, yang paling populer adalah isian daging sapi dan domba.

Dilengkapi dengan citarasa bayam yang ikut dipanggang. Rasa ini umumnya disebut spinach and peta.

Inggris

Sandwich, menu wajib yang praktis favorit orang Inggris. Selain itu, ada juga sup instan yang lazim dihangatkan dengan microwave yang ada di kantor.

Salah satu jenis sup yang paling populer adalah sup kentang dan ubi, semacam campuran beragam jenis umbi-umbian. Ada pula maltesers (malt balls) dan kopi tentu saja.

Amerika Serikat

Pizza dong, pasti. Negara maju kan pasti milih makanan yang ‘sehat’ dan cepat. Salah satu citarasa yang paling diminati adalah pepperoni.

Lebih dari itu, budaya dessert pastinya nggak ketinggalan, mulai dari minum cola, permen coklat kacang dan es krim coklat!

Di Indonesia kan hampir nggak ada dong habis makan siang nambah es krim, kecuali di acara kawinan kali ya.

Jerman

Kalau bratwurst udah terlalu mainstream jadi street food di Indonesia, di negara aslinya – Jerman – currywurst jauh lebih populer sebagai menu makan siang.

Jadi, currywurst itu sosis berbahan daging babi yang dikukus lalu digoreng, lantas di iris dan disiram saus tomat dan kecap, ditaburi bubuk kare. Umumnya disajikan dengan french fries yang dipotong agak pendek.

Pelengkap lainnya biasanya satu buah apel utuh, kopi, dan air mineral?

Austria

Di Austria ada schnitzel yang dijadikan menu makan seimbang di tengah hari. Apa sih schnitzel? Sederhananya, irisan daging seukuran daging steak yang dibalut adonan lalu digoreng.

Daging yag digunakan umumnya berupa daging sapi muda, daging ayam, atau daging babi. Menu ini biasanya digabungkan dengan salad sayur dan kentang, bisa rebus atau dalam bentuk mashed potato.

Norwegia

Smørbrød. Menu makan siang di Norwegia dengan komposisi ikan, daging, telur, sayuran, dan seiris roti, tentu tidak disusun serupa sandwich.

Norwegia yang memang sumber produksi nasionalnya berupa hasil laut dan ikan segar non-laut, itulah mengapa ikan seperti salmon, udang, dan belut.

Italia

No, no, bukan pizza. Pada kenyataannya orang italia lebih merasa ‘cocok’ menyantap makan siang dengan menu pasta, tuna, minyak zaitun, salad, roti dan kopi espresso.

Perancis

Dari ragam roti dan cake yang terkenal dari Perancis, kue paie adalah salah satu yang paling ‘biasa’ dimakan saat istirahat siang.

Tentu saja dilengkapi dengan sandwich berisi patty daging babi dan butter. Disempurnakan dengan air putih yang menyegarkan.

Belanda

Di bunga tulip dan kincir angin ini sudah dikenal dengan menu yang simpel. Itulah mengapa makan siang disini cukup dengan sandwich berisi keju gouda, buah apel dan beberapa butir anggur.

Kenya

pinterest.com/pin/431501208019024995

Orang Kenya jarang melakukan sarapan pagi, namun waktu istirahat makan siang yang cukup lama, 1 jam, dimanfaatkan untuk menyantap menu makan siang yang hampir-hampir sama dengan Indonesia.

Umumnya makan siang di Kenya berisi nasi, ikan goreng dan bubur yang dicampur dengan babat kambing, Indonesia banget kan ya. Terkadang juga dilengkapi dengan kentang dan kacang-kacangan.

Brazil

Kalau di Brazil, menu makan siang yang populer di Brazil adalah semacam bubur yang dicampur dengan daging sapi dan babi yang dinamakan Feijoada.

Satu titik yang paling unik, menu ini dikonsumsi dengan air kelapa. Hmm, menurutmu bagaimana? Makan siang minumnya air kelapa?

Kalau di Indonesia mah lebih enak minum ragam bubble tea di menu chatime dong. Bagaimana? Menu lunch yang paling pengen kamu coba yang mana?

Leave a Comment

Scroll back to top