Diet Ketofastosis: 21 Menu & 13+ Tips (Aman & Ampuh)

Diet ketofastosis merupakan salah satu diet yang cukup populer di kalangan masyarakat. Diet ini adalah salah satu bukti bahwa ilmu tentang diet dan makanan terus berkembang.

Nah, banyak yang bilang diet ini termasuk diet ketat dan dianggap ekstrim. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk pemula program diet untuk berkonsuntasi dan mengikuti aturan menurut dokter.

Mengapa demikian? Karena teradpat beberapa protokol diet yang mesti diikuti untuk menjaga kesehatan dan hasil optimal.

Diet Ketofastosis Adalah

Mengapa dalam awal artikel ini kami mengatakan bahwa diet ini merupakan bukti berkembangnya ilmu tentang makanan diet? Tentu karena diet yang satu ini memang merupakan diet gabungan.

Artinya, dua diet yang memiliki spesifikasi metode yang berbeda digabungkan menjadi satu sebagai istilah dan metode diet yang baru.

Istilah keto tentu dapat kamu pelajari lebih lanjut pada artikel diet keto. Sementara istilah fastosis berasal dari frasa fasting on ketosis.

Jadi, konsep utama yang ditawarkan oleh diet ini adalah berpuasa dalam keadaan ketosis. Detil mengenai keadaan ketosis juga dapat kamu baca lebih mendalam pada artikel diet keto.

Bedanya Dengan Diet Keto?

Satu perbedaan besarnya adalah tentu saja kegiatan berpuasa yang ada pada diet ini. Persentase makanan yang dikonsumsi hampir sama 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbo.

Nah, puasa yang harus dilakukan dalam diet ini bervariasi, sesuai dengan keadaan tubuh yanag berbeda setiap orang.

Lama puasa sekitar 6-12 jam, bisa juga lebih.

Itulah mengapa kamu harus melakukan diet ini berdasar konsultasi dengan ahli gizi atau dokter kepercayaan kamu.

Tahapan Diet Ketofastosis

Fase Induksi

Tubuh perlu melakukan adaptasi dengan metode diet ini, kurangi asupan karbo hingga hanya 10 gram setiap harinya. Ganti dengan makanan yang lebih banyak mengandung lemak.

Lakukan puasa selama 16 hingga 18 jam. Dalam tahap ini, kamu harus menjalankan aturan diet tersebut selama 2-3 hari.

Jangan lupa pula untuk melakukan aktivitas fisik selama 30-45 menit setiap harinya untuk menunjang proses penurunan berat badan.

Fase Konsolidasi

Nah, dalam tahap ini kamu mesti menjalankan diet selama 1 minggu hingga 1 bulan. Konsumsi banyak sayuran, tetapi kamu belum diperbolehkan untuk mengonsumsi buah.

Ada catatan penting dalam tahapann kedua ini. Kamu diajurkan kembali pada tahap diet induksi jika kadar gula darah kamu meningkat lebih dari 90 mg/dl.

Fase Maintanance

Tetap jaga asupan karbohidrat dalam level yang rendah, dibawah 20 gram per hari. Pada fase ini kamu telah boleh mengonsumsi buah-buahan.

Tubuh yang telah terbiasa menggunakan lemak sebagai sumber energi membuat cadangan lemak dalam tubuh mulai berkurang. Artinya, berat badan kamu sudah turun banyak.

Menu Diet Ketofastosis Seminggu

Prinsip menu yang harus kamu siapkan mesti tinggi lemak, denga kadar protein sedang, dan jumlah karbohidrat yang dibatasi.

Senin

Pagi: telur orak arik.

Siang: salad sayuran dicampur dengan irisan daging sapi panggang.

Malam: es krim alpukat campur santan kelapa. Atau dapat juga dicampur dengan bubuk coklat  dan selai kacang favorit kamu.

Selasa

Pagi: keju gulung isi abon.

Siang: omelet telur campur suwiran daging ayam.

Malam: kue pie daging.

Rabu

Pagi: ikan bakar bumbu mentega.

Siang: sup kulit ayam.

Malam: telur dadar campur bayam segar.

Kamis

Pagi: kopi latte tanpa krimer, tanpa susu.

Siang: salad sayur, keju, alpukat.

Malam: omelet jamur mentega.

Jumat

Pagi: garang asem ayam santan.

Siang: daging salmon asap.

Malam: risoles isi daging sapi.

Sabtu

Pagi: pancakes, stroberi, whip cream

Siang: daging kambing panggang

Malam: telur goreng bakar tumis kacang panjang

Minggu

Pagi: bubur santan isi stoberi.

Siang: udang tumis mentega.

Malam: salmon goreng campur brokoli.

Manfaat Diet Ketofastosis

Cara menurunkan berat badan dengan diet yang satu ini diklaim memiliki 3 manfaat besar yang sangat menggiurkan, diantaranya:

  • Turun berat badan dalam jumlah besar
  • Penurunan berat dalam waktu singkat
  • Hanya perlu dilakukan selama 2-3 bulan

Tips Diet Ketofastosis

Berikut ini kami sarikan 13+ tips yang ampuh dalam menjalankan diet ketofastosis yang cukup berat bagi sebagian orang.

  1. Pastikan badan sehat sebelum diet
  2. Siapkan bahan wajib 1: virgin coconut oil (VCO)
  3. Siapkan bahan wajib 2: immunator honey (IH)
  4. Hindari kalori berlebihan, batasi makanan
  5. Minum cukup air mineral
  6. Minum teh hijau sebagai sumber antioksidan
  7. Makan protein hewani
  8. Konsumsi buah-buahan
  9. Ingat aturan komposisi makanan 75:20:5
  10. Coba dulu yang ringan
  11. Jalankan fase puasa dengan penuh komitmen
  12. Mengatur kapan hari makan dalam 1 pekan
  13. Kelola peningkatan jam puasa
  14. Kontrol gula darah puasa tiap 3 hari atau tiap 1 pekan

Nah, berapa takaran yang dianjurkan untuk VCO dan IH? Immunator honey dapat kamu minum 4-6 kali setengah sendok teh. IH berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh selama masa diet.

Sedangkan frekuensi yang sama 4-6 kali juga digunakan untuk meminum VCO namun menggunakan sendok makan.

‘Bahaya’ Diet Ketofastosis

Hampir semua pemula yang baru pertama kali melakukan diet akan mengalami proses penyesuaian tubuh terhadap model metabolisme yang baru.

Proses penyesuan tersebut dinamankan healing crisis, keadaan dimana terjadi kondisi yang ‘tidak enak’ dirasakan oleh orang yang menjalankan diet.

Nah, diet ini dimungkinkan dapat menyebabkan kulit kering, jerawat, mual, kulit gatal-gatal, ketombe, hingga keadaan lemas.

Selain itu kamu kemungkinan juga akan mengalami efek buang air kecil secara terus menerus, dehidrasi ringan, mulut kering dan agak bau, serta bibir pecah-pecah.

Hampir sama dengan efek yang ditimbulkan oleh diet keto.

Demikian info lengkap tentang diet yang kali ini membahas diet ketofastosis. Nah, kalau kamu tertarik metode diet lainnya, kamu dapat mencoba membaca tentang cara diet alami dan diet GM (general motors.)

Selamat makan, selamat ideal dan sehat!

Leave a Comment

Scroll back to top